Kristal Kalsium Oksalat, Jenis Batu Ginjal yang Paling Umum Terjadi





Kristal kalsium oksalat ialah type batu ginjal yang umum dirasakan Ada beberapa macam batu ginjal berdasar senyawa penyusunnya. Tipe batu ginjal yang umum berlangsung ialah kristal kalsium oksalat. Kalsium oksalat bisa tercipta sebab menumpuknya oksalat di ginjal atau karena urine yang begitu sedikit.

Kristal kalsium oksalat, pemicu penting batu ginjalSesuai namanya, kristal kalsium oksalat ialah kristal gabungan oksalat dengan kalsium sebagai pemicu penting batu ginjal. Oksalat sendiri adalah senyawa alami yang diketemukan dalam bermacam makanan.

Kristal kalsium oksalat itu bisa tercipta sebab oksalat yang menimbun di ginjal. Pemicu yang lain yaitu urine yang begitu sedikit karena kurang minum air putih. Urine berperanan penting untuk menahan supaya oksalat tidak berikatan dengan mineral lain.

Oksalat diketemukan dalam banyak makanan. Beberapa makanan itu, termasuk juga:

Bayam serta sayuran hijau lain

Rhubarb

Kacang almond

Kacang navy

Cokelat

Okra

Kentang goreng serta kentang yang dipanggang

Kacang-kacangan serta biji-bijian

Produk kedelai


Strobery serta rasberi

Bayam adalah salah satunya sayur yang tinggi yang mengandung oksalatGejala batu ginjal karena kristal kalsium oksalatBatu ginjal umumnya tidak memunculkan tanda-tanda terkecuali bila telah mulai melalui aliran kencing. Jika kristal serta batu itu bergerak, rasakan sakit yang ada dapat benar-benar menganiaya.

Gejala-gejala bila urine memiliki kandungan kristal kalsium oksalat, yakni:

Rasakan sakit di samping perut atau punggung yang dapat jadi intensif serta kemungkinan tiba dengan cara bergelombang (terkadang sakit, terkadang hilang)

Rasakan sakit waktu buang air kecil

Timbulnya darah di urine yang dapat nampak merah, merah muda, atau cokelat

Urine yang berwarna kotor

Urine yang bau menusuk

Seringkali buang air kecil

Mual serta muntah

Demam serta menggigil bila badan alami infeksi

Perlakuan dokter untuk singkirkan kristal kalsium oksalatKasus penimbunan kristal kalsium oksalat bisa diatasi dengan bermacam langkah serta hal itu tergantung pada ukuran batu yang tercipta.

1. Pada batu yang kecilBatu serta kristal kalsium oksalat yang kecil sebetulnya bisa luruh sendiri tanpa ada penyembuhan, yang dapat hilang semasa empat sampai enam minggu. Dokter akan minta Anda untuk minum banyak air putih untuk percepat tersingkirnya batu ginjal itu.

Pada beberapa masalah, dokter kemungkinan memberi resep alpha-blocker seperti doxazosin atau tamsulosin. Obat-obat ini menolong merilekskan aliran ureter untuk menolong batu keluar dari ginjal.

Kecuali alpha-blocker, dokter kemungkinan memberi penurun ngilu, seperti ibuprofen serta acetaminophen. Tetapi, ibu hamil perlu waspada dengan obat penurun ngilu dari kelompok antiimflamasi non-steroid.

2. Pada batu yang besarApabia batu kristal kalsium oksalat besar sekali atau atau mungkin tidak dapat luruh sendiri, dokter akan menolong Anda dengan tawarkan aksi klinis di bawah ini:

Extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL), yang memberi gelombang suara di luar badan untuk merusak batu jadi potongan-potongan kecil.

Ureteroskopi: dokter akan masukkan tabung tipis dengan camera diujungnya lewat kandung kemih serta masuk dalam ginjal. Batu selanjutnya didepak atau dipecah terlebih dulu dengan laser.

Nefrolitotomi perkutan. Mekanisme ini berlangsung waktu pasien tertidur serta di bawah impak bius keseluruhan. Dokter akan membuat irisan kecil di punggung serta singkirkan batu memakai semacam alat yang kecil.

Menahan penimbunan kalsium oksalat untuk jauhi batu ginjalBatu ginjal, termasuk juga yang berbentuk kristal kalsium oksalat, adalah penyakit yang dapat dihindari serta dijauhi. Langkah-langkah penjagaan penimbunan kristal kalsium oksalat, yakni:

1. Mengonsumsi air putih semakin banyakJumlah konsumsi air putih yang umumnya direferensikan yaitu 2,5 liter /hari. Bahas sama dokter untuk keperluan paling baik konsumsi air putih yang sesuai kesehatan Anda yang kemungkinan dapat semakin tinggi.

Mencukupkan keperluan air putih bisa menahan batu ginjal2. Awasi konsumsi garamTak cuma pacu tekanan darah tinggi, konsumsi garam yang terlalu berlebih bisa menyebabkan penimbunan kalsium di urine. Penimbunan kalsium di urin bisa berikatan dengan oksalat serta membuat kristal.

3. Arif dalam konsumsi proteinWalau penting untuk perubahan serta peranan badan, protein yang kebanyakan bisa menyebabkan pembangunan batu di ginjal. Upayakan supaya protein dari makanan Anda mempunyai bagian optimal 30%.

4. Naikkan konsumsi kalsiumWalau kalsium oksalat adalah tipe batu ginjal yang biasa berlangsung, beberapa dari Anda yang kemungkinan memikir untuk hindari kalsium. Bukti yang berlaku justru sebaliknya, Anda jangan hindari kalsium.

Kalsium dari makanan sehat menolong menahan peningkatan kandungan oksalat waktu diolah di skema pencernaan. Karena itu, tekankan Anda memadukan sumber kalsium yang beragam, seperti susu serta keju.

5. Arif dalam mengonsumsi makanan tinggi oksalatSayuran seperti bayam sangatlah memiliki nutrisi tinggi, hingga tidak dapat kita jauhi. Jika konsumsi makanan tinggi oksalat, Anda dapat memadukannya dengan makanan tinggi kalsium, seperti susu. Ini membuat oksalat di sayuran akan terlebih dulu berikatan dengan kalsium sebelum oksalat dibuang ke ginjal. Dengan demikian, penimbunan oksalat di ginjal juga bisa dijauhi.

[[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQKristal kalsium oksalat adalah tipe batu ginjal yang seringkali berlangsung. Situasi ini bisa berlangsung sebab kurang minum air putih serta tingginya oksalat di ginjal. Untungnya dengan pola hidup sehat, penimbunan kalsium oksalat di skema kemih bisa dihindari.

batu ginjal penyakit ginjal penyakit aliran kemih